Posted in Korea

Super Junior Interview with Ricky Lo – Article from Philippine Star

Album ketiga kalian, Sorry, Sorry, diterima dengan sangat baik di seluruh Asia dan karena itu juga fans kalian bertambah banyak sehingga menjadikan kalian boyband terhebat di seluruh asia. Jadi apa yang bisa kami harapkan dari album ke-4?

“Kami sangat senang bisa mengumpulkan banyak pendengar bahkan kalau perlu di seluruh dunia dengan Sorry Sorry. Hal ini menarik dukungan besar dari fans maupun pecinta musik lainnya. Kami akan mencoba sebaik mungkin untuk menghidupkan antusiasmenya. Harap siapkan diri kalian untuk album ke-4 karena pastinya kami akan menunjukan performa yang lebih baik dan warna musik yang lebih bervariasi.Terima kasih.”

(Untuk semua member) Pernahkah kalian tidur? Banyak dari kalian punya jadwal masing2, syuting berbagai acara tv, drama dan bahkan terbang ke berbagai negara. Tetapi kalian semua masih bisa tersenyum dan terlihat senang. Apa rahasia kalian bisa terlihat begitu positif sementara kalian sebetulnya melewati hari2 yang begitu sulit?
“Kami menganggap jadwal padat sebagai bagian dari rasa cinta fans pada kami. Kami menikmatinya. Terkadang kami juga merasa lelah, tetapi setelah melihat semangat dari para fans semua rasa lelah itu hilang. Jelas, cinta dan perhatian dari fans adalah motivasi kami untuk terus tersenyum.”

(Untuk Siwon) Banyak fans yang memperhatikan kalau kamu sering menghabiskan waktu dengan kamera. Apakah kamu pernah berpikir untuk merilis photobook dari kumpulan foto2mu?

“Senang mendengarnya! Saat ini saya mengambil foto2 hanya sebagai kenangan orang2 yang berada di sekitar saya, jadi ya tidak terlalu profesional namun hanya untuk menjaga kenangan pribadi saya. Jika ada kesempatan untuk mempelajari kamera saya (fotografi maksudnya), dan kalau ada kesempatan merilis sebuah photobook, saya mungkin akan melakukannya (atau juga tidak). Pokoknya yang bisa saya katakan saat ini adalah, memotret adalah salah satu hobi favorit saya.”

(Untuk Ryeowook) Apabila diberikan kesempatan merilis album solo, apakah kamu akan menyanyikan lagu ballad atau lagu dance seperti Insomnia, yang kamu tampilkan saat Super Show 2?

“Kalau saya punya kesempatan untuk merilis album solo, Saya akan berusaha untuk membuat album yang bagus sehingga dapat menampilkan warna kepribadian saya.”

Apakah para member juga memiliki artis favorit yang bukan Korea?

Ryeowook: Saya mendengar semua jenis musik. Saya sangat suka Craig David, jadi saya putuskan untuk menampilkan lagu Insomnia di Super Show 2. Saya harap kalian menyukainya.

Apa yang kalian pikirkan tentang SHINee?

“Kami menganggap mereka sebagai adik kami yang sangat berbakat dan punya kemampuan spesial dalam bidang musik. Sebetulnya kami sering melakukan banyak hal bersama seperti contohnya berolahraga dan kami sudah mengenal mereka jauh lebih dekat dari sebelumnya. Kami sudah memperhatikan mereka bahkan sebelum mereka debut, kami merasa bangga setiap kali melihat mereka berusaha melakukan yang terbaik entah itu di atas panggung atau tidak.”

Siapa di antara member Super Junior yang memiliki kemampuan berbahasa inggris terbaik?

“Mungkin Siwon karena dia sering membaca buku dan koran yang berbahasa inggris, jadi dia mungkin satu-satunya yang bisa berbahasa inggris dengan baik di antara kami.”

Pernahkah kalian berpikir untuk mengunjungi Filipina?

“Kami mendengar bahwa Sorry Sorry sudah menjadi nomor 1 di berbagai chart musik di Filipina, jadi kami sangat senang dan ingin segera kesana secepatnya. Kami merasa sedikit gugup soal mengunjungi Filipina dan kami tentunya akan sangat senang kalau bisa mengunjungi semua fans disana saat Super Show 2.”

Tipe wanita seperti apa yang kalian suka?

“Kami semua punya selera yang berbeda. Shindong suka yang imut, dan Siwon suka yang bisa berkomunikasi dengan baik. Leeteuk suka yang innocent dan pengertian. Kyuhyun dan Sungmin suka yang baik hati dan menawan. Tapi tipe ideal kami sebetulnya seringkali berubah, jadi saya pikir tergantung orang seperti apa yang kami temui.”

Bagaimana perasaan kalian menjadi Super Junior dan terkenal di seluruh dunia?

“Saya senang saya menjadi salah satu member Super Junior. Kerjasama tim dan masing2 member sangat baik. Kami juga senang karena ternyata tidak hanya orang Korea yang menyemangati kami. Kalau kami punya kesempatan kami ingin mengunjungi negara2 lain dan bertemu berbagai macam orang. Untuk semua fans yang telah memberikan cinta dan semangat bahkan dari luar negeri, terima kasih sekali lagi.”

Kalau kalian bukan Super Junior kira-kira apa yang akan kalian lakukan?

“Tergantung masing2 member. Kalau saya bukan Super Junior, kira2 saya akan jadi apa? Hmmmm…Rasanya ini pertanyaan yang sulit. Saya pikir saya hanya akan jadi murid biasa atau mungkin tetap jadi artis walaupun bukan sebagai Super Junior.Tapi kami pikir menjadi Super Junior adalah yang terbaik. Kami tidak bisa memikirkan yang lain.”

Penampilan mana yang menurut kalian paling mengesankan?

“Yang paling mengesankan adalah tour asia. Ada kalanya kami merasa menyatu dengan para penonton. Kami menikmati pertunjukan di setiap kota. Kami merasa percaya diri dengan lagu-lagu kami dan merasa sangat senang saat penonton memberikan respon yang positif terhadapnya. Menurut kami itulah saat-saat terbaik.”

Apa lagu favorit kalian dan kenapa?

“Kami suka semua lagu kami, tapi penampilan Sorry Sorry adalah yang paling mengesankan. Karena koreografinya diciptakan oleh koreografer ternama, Nick Bass. Dia mengunjungi Korea dan melatih kami. Kami belajar banyak hal bersama dan dibandingkan yang sudah pernah kami lakukan sebelumnya ini benar2 baru, banyak perubahan dalam koreografinya sendiri. Dan juga tidak hanya orang Korea yang menyukainya tetapi seluruh Asia. Kami melihat banyak video yang  meng-cover Sorry Sorry, kami menyukainya seperti orang2 juga menyukai lagu kami.”

Menurut kalian kenapa Super Junior bisa begitu sukses?

“Ini pertanyaan yang cukup sulit karena kami masih dalam tahap mencapai tujuan kami. Pertama, langkah yang kami tempuh benar2 sesuatu yang baru. Tidak banyak grup yang mempunyai banyak member seperti kami dulu, dan juga tidak ada grup yang menyanyi, akting dan di saat yang sama bekerja sebagai DJ, MC dan di berbagai bidang lain. Jadi saya pikir inilah kenapa sesaat setelah kami debut, kami memiliki kesempatan untuk menunjukan kemampuan kami masing2 di berbagai bidang dunia hiburan. Saya pikir inilah alasan kenapa tidak hanya orang Korea saja yang menyukai kami tetapi juga mereka yang berada di negara Asia lain. Hal ini membentuk energi yang sinergis.”

credit: Philippine Star Online
shared by sakurakhyuk @ sj-world.net, asianfamily
eng-indo : dweechullie @ sujuelfone
take out with full credit

posted by fia

follow asianfamily on twitter

Leave a Reply

