Posted in Korea

Komposer i’m a loner menanggapi isu plagiarisme

WOW, ini dia berita terbaru tentang kasus CNBLUE VS Ynot. Setelah mendapat kritikan dari berbagai pihak atas isu plagiat/penjiplakan, AKHIRNYA komposer Kim Do Hoon merilis pernyataan resmi berkaitan dengan masalah tsb:

Hari ini (08 Februari 2010) Kim Do Hoon menyatakan:
“Saya ingin mengatakan kepada semua penggemar dan industri musik profesional bhw sy sgt menyesal dan minta maaf krn menyebabkan semua orang dlm posisi yg tidak nyaman. Sy berusaha menahan kata2 saya, tapi saya tidak tahan dengan krisis ini. Saya ingin semua orang tahu bahwa alasan saya tdk berbicara di luar dugaan tersebut bukan karena saya tdk punya apa pun untuk dikatakan, atau karena sy setuju thdp tuduhan tsb. “

“Sy memulai debut pada tahun 1995 dan pada tahun 1998 melalui Jang Hye Jin lagu” Untuk Eternity (영원 으로), “Saya bisa memperoleh gelar pertama saya. Sejak itu selama lebih dari 10 tahun saya telah menulis sekitar 300 lagu. Dan keluar dari lagu-lagu, sekitar 90 dari mereka adalah baik judul lagu atau follow up songs. Baru-baru ini, ketika saya membaca artikel tentang saya, mayoritas dari mereka yang mengklaim bahwa saya berjalan sejauh ini sebagai plagiator. Lebih dr 10 tahun pendirian saya musik tidak pernah berubah. Saya punya banyak lagu di mana tidak ada tuduhan plagiarisme. Point pertama yg ingin sy tekankan adalah bahwa sejauh ini sy tidak pernah menjadi plagiator. “

Kim Do Hoon menambahkan:

“Kontroversi plagiarism ini sbenarny dimulai dr para netizens yg suka membuat video. Saat ini org2 cenderung menemukan hal2 yg sama dlm dua buah lagu atau lebih pada point2 trtentu.  Bukan hanya lagu2 sy, tp ada begitu banyak video lagu-lagu yang diciptakan yg mirip, dan banyak lg video lainnya, ada lagu2 yang mungkin benar2 nyata hasil jiplakan maupun yang hanya brasal dr opini ssorg. Tapi dari lagu2 tsb, hanya lagu2 yg menjadi beritalah yg akan meraih kesuksesan. Sebenarnya ini adalah pendapat dr 1 org ‘n dibuatkan video, yg kemudian menjadi masalah, dan akhirnya mendapat respon dr berbagai media u/ dijadikan berita hingga menjadi kontroversi plagiarism.  Lebih jauh lagi, laporan tsb membuat lagu itu seperti dijiplak dan akhirnya komposerlah yg dianggap bersalah. “

“Lagu yang telah dalam berita akhir-akhir ini, ‘I’ma loner (외톨 이야),’ hanya satu kata yang mirip. Dan laporan berita yang mengklaim bahwa chords-nya sama itu tidak akurat, begitu pula intro yang sama. Bahkan pada bagian,”Wae to ri ya Wae to riya (외톨 이야 외톨 이야),” nadanya tidak mirip sama sekali. Hanya pd bagian,  ‘Dari Diri Dara Do’ yg mirip, tp melodi tsb jg ada di lagu Country Kko Kko “Oh Gani” dan lagu Park Sang Min “Mediterranean Sea” (지중해)’. Selain itu, nada tsb jg ada dlm lagu yg aku buat u/ Dong Kyoon,  ‘Far Far (멀리멀리)’. “

Kim Do Hoon juga menyatakan:

“Dalam Davichi’s ‘8282 ‘hanya ada kesamaan dalam awal lagu, stelah itu smuanya benar2 beda. Dlm lagu Kim Jong Kook’ yg berjudul “Can’t Forget”, tidak ada kemiripan dalam lagu, hanya sedikit kesamaan dalam intro. Jika kata-kata saya tidak masuk akal, silahkan dengarkan lagi lagu2 tsb dan silahkan memutuskan sendiri. Ada begitu banyak lagu yang memiliki kata yg mirip. Bahkan banyak lagu-lagu Amerika yang terkenal memiliki lagu yang memiliki kata yang sama. Seandainya sy ingin bunuh diri  kalau mncoba mncari lagu2 yg mirip, maka pasti sy akan mndapat lbh banyak lagu yg jauh lbh mirip dibandingkan dgn apa yg di-upload o/ netizens.”

Dia menambahkan:

“Di luar kontroversi seputar saat ini ‘I’m a Loner’, ada banyak laporan bahwa lagu lain yang dibuat oleh saya adalah sebuah penjiplakan. Bergerak maju, jika orang selalu bilang lagu-lagu yang dijiplak begitu mudah dan meng-upload video dari bagian-bagian kecil yang mirip suara, bukan hanya saya, tetapi semua komponis lain yang tidak akan mampu menulis dengan bebas. Sekarang ini ada begitu banyak kasus plagiarisme yang digerakkan oleh netizens. Isu-isu ini harus dianalisis oleh seorang profesional dan sebuah kasus plagiarisme hanya boleh ditentukan oleh mereka. But trying to create and stir an issue using the internet without solid evidence to destroy a composer, I don’t think that’s the right thing to do.”

Kim Do Hoon akhirnya menyatakan:

“Saya benar-benar berharap tidak akan ada lagi kasus-kasus di mana komponis dipojokkan, hanya karena beberapa orang berpikir lagu tsb terdengar serupa. Akhirnya, kepada semua penggemar musik yang telah menunjukkan minat dan cinta terhadap lagu-lagu saya dan industri profesional, untuk anda semua, sekali lagi, saya minta maaf karena telah cemas dan memberikan ketidaknyamanan trhadap anda smua. “

source: allkpop + newsen

indo translate: AquaIndo

posted by fia

follow asianfamily on twitter

Leave a Reply

